Fungsi Menu Icon Pada Program
Pengolahan Kata
A.
Fungsi
Menu dan Icon pada Microsoft Word 2007
1.
Microsoft
Office Button
Microsoft
office button merupakan sebuah menu yang apabila diklik akan menampilkan daftar
beberapa item menu yang berhubungan dengan pengolahan dokumen. Item menu di
dalam daftar menu Microsoft Office Button hamper mirip dengan menu file pada
aplikasi Microsoft Word versi versi sebelumnya, seperti pilihan perintah New,
Open, Save , dan Save As , Print.
2. Quick Access Toolbar
Quick
access toolbar merupakan fitur baru pada Microsoft office 2007 yang berisikan
kumpulan icon – icon perintah yang relative sering digunakan.
Quick
access toolbar memiliki icon icon tombol perintah standar sebagai berikut :
a.
Save
> menyimpan lembar kerja atau dokumen.
b.
Undo
> membatalkan perintah yang dilakukan.
3. Ribbon
Ribbon
merupakan penggabungan antara “ menu “ dan ‘ toolbar “ yang terdapat pada versi
Microsoft Word sebelumnya.
Adapun
tampilan Ribbon pada Microsoft Word 2007 terdiri atas beberapa bagian berikut
ini :
a. Tab,
merupakan bagian yang berisikan nama nama kategori Ribbon dengan pengelompokkan
berdasarkan kategori fungsi maupun jenis perintah dalam melakukan pekerjaan.
b. Group
Bar, adalah sebuah tampilan berupa balok yang menunjukkan nama setiap bagian
kelompok (Group).
c. Command
Button, adalah tombol perintah dengan yang disimbolkan dengan icon- icon untuk
mengaktifkan tugas tertentu.
Ribbon
pada Microsoft Word 2007 terdiri atas beberapa tab yang terbagi berdasarkan
fungsi dan jenis aktivitasnya, antara lain sebagai berikut :
1. Tab
Home
Tab
home berisikan tombol tombol perintah yang digunakan untuk tugas pengeditan
dasar. Di dalam Tab Home terdapat terdiri atas Grup Clipboard, Font , Paragraph
, Styles dan Editing.
2. Tab Insert
Sesuai
dengan namanya tab ini berisikan tombol – tombol perintah untuk menambahkan
(menyisipkan) objek – objek tertentu kedalam sebuah dokumen, seperti halaman, table,
gambar, header , footer , dan symbols.
3. Tab
Page Layout
Tab
page layout berisikan beberapa tombol perintah yang digunakan untuk mengatur
hal-hal yang berhubungan dengan tata letak (layout) halaman dan themes. Didalam
tab page layout terdapat lima group yang terdiri atas : Grup Themes, Grup Page
Setup, Grup Page Background, Grup Paragraph, dan Grup Arrange.
4. Tab
Reference
5. Tab
Mailing
Tab
mailing berisikan tombol tombol perintah yang digunakan dalam perbuatan dokumen
yang berhubungan dengan dokumen lain.
6. Tab
Review
7. Tab
View
Merupakan
tab yang bertugas mengatur tampilan dokumen pada layar monitor sehingga
memudahkan pengguna untuk memeriksa hasil pekerjaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar