Senin, 17 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTIK TIK 9 (VIII-1) : Fungsi Menu Ikon Pada Program Pengolah Kata



Fungsi Menu Icon Pada Program Pengolahan Kata
A. Fungsi Menu dan Icon pada Microsoft Word 2007

1.      Microsoft Office Button
Microsoft office button merupakan sebuah menu yang apabila diklik akan menampilkan daftar beberapa item menu yang berhubungan dengan pengolahan dokumen. Item menu di dalam daftar menu Microsoft Office Button hamper mirip dengan menu file pada aplikasi Microsoft Word versi versi sebelumnya, seperti pilihan perintah New, Open, Save , dan Save As , Print. 


2.     Quick Access Toolbar
Quick access toolbar merupakan fitur baru pada Microsoft office 2007 yang berisikan kumpulan icon – icon perintah yang relative sering digunakan.
Quick access toolbar memiliki icon icon tombol perintah standar sebagai berikut :
a. Save > menyimpan lembar kerja atau dokumen.
b. Undo > membatalkan perintah yang dilakukan.
c. Repeat > mengulah perintah terakhir yang dilakukan.




3.     Ribbon
Ribbon merupakan penggabungan antara “ menu “ dan ‘ toolbar “ yang terdapat pada versi Microsoft Word sebelumnya.
Adapun tampilan Ribbon pada Microsoft Word 2007 terdiri atas beberapa bagian berikut ini :
a. Tab, merupakan bagian yang berisikan nama nama kategori Ribbon dengan pengelompokkan berdasarkan kategori fungsi maupun jenis perintah dalam melakukan pekerjaan.
b. Group Bar, adalah sebuah tampilan berupa balok yang menunjukkan nama setiap bagian kelompok (Group).
c. Command Button, adalah tombol perintah dengan yang disimbolkan dengan icon- icon untuk mengaktifkan tugas tertentu.



Ribbon pada Microsoft Word 2007 terdiri atas beberapa tab yang terbagi berdasarkan fungsi dan jenis aktivitasnya, antara lain sebagai berikut :

1. Tab Home
Tab home berisikan tombol tombol perintah yang digunakan untuk tugas pengeditan dasar. Di dalam Tab Home terdapat terdiri atas Grup Clipboard, Font , Paragraph , Styles dan Editing.




2. Tab Insert
Sesuai dengan namanya tab ini berisikan tombol – tombol perintah untuk menambahkan (menyisipkan) objek – objek tertentu kedalam sebuah dokumen, seperti halaman, table, gambar, header , footer , dan symbols.


3.   Tab Page Layout
Tab page layout berisikan beberapa tombol perintah yang digunakan untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan tata letak (layout) halaman dan themes. Didalam tab page layout terdapat lima group yang terdiri atas : Grup Themes, Grup Page Setup, Grup Page Background, Grup Paragraph, dan Grup Arrange.


4. Tab Reference
Merupakan tab yang berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan untuk membuat referensi.


5. Tab Mailing
Tab mailing berisikan tombol tombol perintah yang digunakan dalam perbuatan dokumen yang berhubungan dengan dokumen lain.


6.     Tab Review
Tab review berisikan tombol tombol perintah yang digunakan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen.


                    
7. Tab View
Merupakan tab yang bertugas mengatur tampilan dokumen pada layar monitor sehingga memudahkan pengguna untuk memeriksa hasil pekerjaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar